Jangan takut akan kesendirian !!

Di dunia yang penuh kesibukan dan hingar bingar, ternyata banyak orang merasakan kesepian. Dalam keramaian banyak orang tidak mempunyai waktu untuk berteman. Kesepian sudah menjadi sebuah epidemi. Penyakit yang merajalela di masyarakan modern.
Ada survei yang mengatakan bahwa sepertiga masyarakat modern menderita perasaan kesepian yang akut. Bahkan sebagian berdampak pada ksehatan fisik. Laki2 yang terisolasi, 25% lebih banyak menginginkan kematian dari pada yang punya kekasih atau istri. Bagi wanita 33%.
Mengapa rasa kesepian itu begitu menyakitkan? Hal yang utama adalah kegelisahan tentang eksistensi diri kita. Dalam kesepian, semua pengetahuan, identitas, personality, karakter, EGO menjadi tidak terungkap. Semakin anda menyendiri, semakin anda melihat ada sesuatau yang salah dalam diri anda.Semua yang anda ketahui seumur hidup anda, semua bisa jadi tampak salah. Ini menjadi hal yang menakutkan.
Kolamteratai, kelompok2 social, asosiasi, partai politik, bahkan Buddha Bar; menjadi eksis karena adanya kebutuhan seseorang untuk bermasyarakat. Sehingga mereka punya teman dan tidak sendiri.
Secara umum, kita tidak suka merasa sendiri. Jika kita sedang sendiri, ktia melakukan berbagai aktivitas. Meditasi, nonton TV, membaca, melamun, membuka Kolam Teratai, Chating.
Hal ini sebenarnya cukup aneh. Karena ternyata kita tidak suka menghadapi diri kita apa adanya. Jika kita mengubah rasa kesepian kita menjadi kesendirian, sebenarnya kita bisa mengungkap banyak hal.
Ketika anda sendiri, segala gejolak keinginan yang terpendam akan muncul. Semua rasa ketidaksukaan akan muncul. Anda akan menghadapi diri anda yang sebenarnya.
Saat kita berada dalam kerumunan orang, kita seakan-akan melihat identitas diri kita. Tetapi sebenarnya yang kita lihat adalah identitas palsu. Mengapa demikian? Karena dalam banyak orang kita melihat perbedaan diri kita dengan yang lain. Misalnya, kita lebih muda, saya sarjana IT, saya penulis, saya karyawan, saya tinggi, saya Robby.
Kita mendapat label diri kita. Tetapi sebenarnya label ini tidak ada artinya. Kita tinggi karena orang lain pendek. Kalau kita berada di lingkungan orang yang lebih tinggi, kita menjadi pendek. Saya Sarjana IT karena orang lain bukan. Saya penulis, karena orang lain punya profesi berbeda. Saya Robby karena orang lain punya nama lain.
Jika kita sendiri, tidak ada orang lain yang di jadikan perbandingan. Tidak ada standard yang digunakan untuk membandingkan diri kita. Otomatis semua label ini lenyap. Semua identitas palsu menghilang.
Seluruh kehidupan kita, status kita, KTP, SIM, Passport, sejarah, reputasi, pekerjaan, pencapaian, kebanggaan, tidak ada gunanya dalam kesendirian. Lalu apakah semua lenyap? Tidak !
Saat itu kita akan melihat diri kita yang sesungguhnya!
Pada awalnya kita akan melihat harapan2 dan keinginan kita. Kita melihat kebencian yang ada dalam diri kita. Kita melihat arah yang ingin kita tuju dalam hidup ini.
Rasakanlah kesendirian ini. Jangan takut. Jadikan rasa kesepian menjadi kesendirian. Terimalah apapun yang muncul dari dalam diri anda. Buang semua label palsu. Biarlah kesendirian ini menjadi cermin untuk melihat siapakah diri anda sebenarnya.
Suatu hari, jika Anda sudah siap, saat anda sudah bisa mengenal diri Anda lebih dalam, Anda akan melangkah dengan penuh keyakinan dalam hidup ini. Karena Anda tahu pasti tentang diri anda dan tujuan anda. Anda akan mencintai kehidupan ini dan menerima hidup sebagai sesuatu yang sangat berharga.
Sumber: KolamTeratai.com (Robby Candra)

Menurutku :
Kesendirian tak selamanya menyedihkan, Kesendirian bukan berarti kesepian, Kesendirian bukan berarti tanpa kawan tanpa teman, Kesendirian juga bukan akhir dari kebahagiaan, Karena kebahagian tidak akan pernah ada akhirnya,Jika kita selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan, Setiap orang perlu kesendirian, Karena dengan begitu barulah terbuka tirai penghalang, Yang selama ini membuat kita lupa akan kebenaran, Membuat kita tak tahu akan diri kita, Kesendirian menjadikan kita sadar apa yang kita inginkan, Kesendirian membuat kita lebih menghargai apa yang kita miliki, Kesendirian pula akan menumbuhkan impian-impian baru, Yang menjadi sebuah harapan dan akan menjadi kenyataan, Karena kesendirian adalah waktu yang tepat, Untuk kita berbicara dengan penuh ketulusan kejujuran, Kepada Sang Pencipta yang tak pernah meninggalkan kita sendirian, Saat yang benar-benar tersedia agar kita membuka hati, Untuk melakukan tugasnya sebagai pengambil hikmah, Kau pasti tau kenapa, karena hati tak kan pernah dusta.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar